Cara Membuat Bakso Daging Sapi dan Kuah

Jenis panganan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, makanan berkuah dengan bulatan bola daging yang kenyal   , enak, lezat serta gurih membuat bakso digemari oleh semua kalangan baik tua maupun muda sehingga hingga saat ini tetap jadi makanan favorit orang di indonesia. Memang terdapat banyak variasi rasa yang ada pada bakso ini seperti bakso isi ati, telur, bakso urat dan bakso daging sapi, untuk kali ini admin akan menjelaskan satu jenis saja yakni bakso daging sapi.

Resep cara membuat bakso daging sapi yang enak ditentukan oleh cara pengolahan dan bahan-bahan yang digunakan, meski demikian bahan-bahan tersebut tidaklah terlau sulit untuk dicari baik di pasar tradisional maupun swalayan. Berikut bahan serta tata cara pembuatan bakso daging sapi tersebut:

Cara membuat bulatan Bakso

Bahan-bahan:
- Satu ons tepung kanji
- Satu kilo gram daging sapi giling  
- Enam siung bawang putih
- Satu sendok makan garam  
- Penyedap rasa secukupnya
- Setengah sendok teh merica bubuk

Proses pembuatan:

  1. Ambillah bawang putih kemudian Haluskan, dengan cara ditumbuk atau diblender.
  2. Masukkan bawang putih yang telah halus tersebut ke dalam adonan daging sapi giling, lalu campurkan merica, garam, penyedap rasa, dan tepung kanji.
  3. Aduklah campuran tersebut sampai rata betul kira-kira limabelas menit.
  4. Apabila adonan sudah tercampur rata, bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, usahakan agar ukurannya tidak terlala besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat. Untuk membuat bulatan bakso yang pas memang diperlukan beberapa kali latihan agar bentuk bakso benar-benar bulat..
  5. Siapkan panci yang diberi air lalu panaskan di atas api, setelah airnya mendidih rebuslah bakso ke dalam air yang mendidih tadi hingga matang. perbedaan bakso yang sudah matang dan tidak adalah: untuk bakso yang sudah matang akan mengapung di permukaan air sedangkan yang belum matang akan tetap tenggelam di dalam air
  6. Pindahkan bakso yang telah matang ke wadah yang lain lalu tiriskan dalam suhu ruangan.


Cara membuat kuah bakso

Bahan-bahan:
- Tulang sapi
- Air

Bumbu kuah bakso
- gula 2 sdt
- garam 1 sdm
- lada 1/2 sdt
- daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
- Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
- Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
- Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan  
- kaldu sapi instan, 2 sdt

Proses pembuatan Kuah Bakso

  1. Siapkan air dalam panci kemudian panaskan di atas api, lalu rebus air bersama tulang beserta semua bumbunya sampai mendidih dan tulangnya menjadi matang.
  2. kecilkan apinya jika sudah matang, selanjutnya kuah sudah dapat disajikan bersama bakso.

Demikianlah cara sederhana pembuatan bakso beserta kuahnya semoga bermanfaat untuk anda.