Home » , » Cara membuat Pomid (Pomade)

Cara membuat Pomid (Pomade)

Pomade adalah produk styling untuk rambut dan sesuatu yang bisa disebut minyak rambut sejati. Bukan sekedar minyak encer seperti minyak goreng, bentuknya padat keras mirip wax. Pada dasarnya, pomade adalah minyak yang dicampur dengan wax. Bedanya adalah pomade tidak membuat rambut kering dan keras seperti gel, pomade tidak akan mengering, mirip wax yang tidak kering dan bisa ditata ulang. Namun pomade akan membuat rambut nampak basah dan bersinar (wet look) karena bahan dasarnya adalah minyak, tidak seperti wax yang nampak kering (matte look). 

Bahan-bahan:

  1. Paslin putih (white vaseline)
  2. Minyak parfum
  3. 4lk0h0l kadar 96%
Alat-alat yang diperlukan

  1. Baskom kecil ukuran sedang
  2. Sendok besar/sendok kayu untuk mengambil bahan-bahan
  3. Botol ukuran 5-10 liter untuk menampung minyak rambut yang setengah jadi
  4. Timbangan dengan ukuran maksimum 1.800gr
  5. Gelas ukur (Maatglas) ukuran 25cc dan 250cc untuk menakar bahan-bahan yang berbentuk cair
  6. Botol-botol ukuran sedang untuk menyimpan bahan baku
  7. Botol-botol kecil yang tertutup rapat untuk menampung atau mengemas minyak rambut yang sudah jadi.

Resep/formula:

  • Paslin putih (white vaseline)..........: 1.000gr
  • Minyak parfum................................: 15cc
  • 4lk0h0l kadar 96%.........................:  10cc


Cara membuat:

  1. Siapkanlah sebuah botol berukuran 1.000cc yang sudah disterilkan kemudian masukkanlah ke dalam botol tersebut Minyak parfum sebanyak 15cc dan  4lk0h0l kadar 96% sebanyak 10cc. Tutuplah botol dengan rapat lalu dikocok-kocok agar kedua bahan tersebut bercampur menjadi satu, waktu yang diperlukan untuk mengocok-ngocok adalah selama 20menit. setelah kedua bahan bercampur dengan rata maka diamkanlah selama 30menit.
  2. Siapkanlah panci atau ketel alumunium lalu masukkanlah ke dalamnya  Paslin putih (white vaseline) sebanyak 1.000gr. letakkan panci di atas nyala api sedang, tunggulah beberapa saat sampai Paslin putih (white vaseline) meleleh cair.
  3. setelah Paslin putih (white vaseline) mencair masukkanlah campuran yang ada di dalam botol (yang sebelumnya telah dibuat) ke dalam panci, kemudian aduklah bahan-bahan yang ada di dalam panci selama 10menit agar campuran menyatu dengan rata.
  4. Setelah bahan-bahan yang ada di dalam panci bercampur matikanlah nyala api dan jangan lupa untuk menutup panci dengan rapat, pomidpun telah jadi tinggal memindahkan ke dalam kemasan.
  5. Pomid yang masih panas harus segera di masukkann ke dalam kemasan misalnya botol-botol kecil, karena apabila sudah dingin akan mengeras sehingga akan sulit dipindahkan ke dalam kemasan.