Pemanfaatan Daun Beluntas Sebagai Bahan Baku Deodorant Spray

Daun Beluntas  (Pluchea indica (L) less)
Pemanfaatan ekstrak pucuk daun beluntas sebagai bahan baku pembuatan deodorant spray antibakteri dilakukan oleh Tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Anggota tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terdiri dari: Indarti, Sri Kusyani, Chandra Dewi Puspitasari, dan Yuli Subekti

Koordinator tim mahasiswa Anita Ekantini mengatakan, bahwa Pembuatan deodorant spray itu dilakukan dengan cara mencampur ekstrak pucuk daun beluntas (Pluchea indica (L) less) pada berbagai konsentrasi dengan alk0h0l dan akuades.

Menurut dia, dalam daun beluntas terkandung senyawa fitokimia yakni senyawa tanin, fenol, flavonoid, sterol, dan alkaloid yang berpotensi sebagai sumber antioksidan dan antibakteri.

Anita Ekantini menjelaskan proses pembuatannya sebagai berikut:

  1. Pucuk daun beluntas dihaluskan dengan blender kemudian diperas dan disaring. Dengan metode itu didapatkan hasil ekstrak pucuk daun beluntas yang berwarna hijau tua. Untuk menghilangkan warna hijau, gunakan norit (arang aktif) sebagai penyerap zat warna.
  2. Campurkan norit tiga gram dengan ekstrak pucuk daun beluntas sebanyak 100 mililiter. Dari penyampuran itu didapatkan cairan yang berwarna hitam. 
  3. Campuran dimasukkan ke dalam botol dan kemudian didiamkan selama 12 jam. Campuran antara ekstrak pucuk daun beluntas dan norit disaring dengan kertas saring, tujuannya adalah untuk memisahkan antara norit dengan ekstrak pucuk daun beluntas. Penyaringan dilakukan tiga kali untuk mendapatkan ekstrak pucuk daun beluntas yang jernih.
  4. Setelah didapatkan sari dari pucuk daun beluntas, kemudian dibuat ekstrak dengan berbagai konsentrasi yakni 100 persen, 75 persen, 50 persen, dan 25 persen.

Pembuatan varian konsentrasi dari ekstrak pucuk daun beluntas dengan cara mengencerkan ekstrak pucuk daun beluntas konsentrasi 100 persen dengan akuades.

Anita Ekantini menjelaskan, berdasarkan hasil pengujian aktivitas antibakteri dalam ekstrak pucuk daun beluntas terhadap bakteri Staphylococcus epidermidis diketahui bahwa konsentrasi ekstrak yang paling efektif untuk membunuh bakteri Staphylococcus epidermidis adalah konsentrasi 100 persen.