Cara Membuat Pasta Gigi-Odol

Bahan-bahan:
Gunakanlah bahan-bahan di bawah ini secukupnya saja yaitu sekitar ¼-½ Ons.
  • Air Secukupnya, usahakan gunakanlah air mineral yang sudah bebas bakteri.
  • Flouride 0,5%, Bahan ini berfungsi sebagai nutrisi untuk mulut sebagai penjaga kesehatan gigi, melapisi struktur gigi dan mempertahankan kekuatan gigi terhadap proses pembusukan serta memicu mineralisasi. Flouride yang digunakan adalah NaF (Sodium Flouride). Sebenarnya tidak menggunakan Flouride inipun tidak masalah, akan tetapi bila akan ditambah dengan Flouride usahakan jangan lebih dari 0,05% dan maksimal 0,08%, karena bila terlalu berlebihan dikhawatirkan akan merusak gigi. [Cara menghitung takarannya: bila total bahan 10 Ons maka Flouride yang di tambahkan cukup maksimal : 6 5ram saja].
  • Sakarin / Pemanis (Secukupnya), Bahan ini berfungsi memberi rasa manis pada pasta gigi.
  • Minyak Peppermint (Secukupnya), Bahan ini berfungsi memberikan aroma dan rasa pada odol/ pasta gigi dan untuk menghilangkan rasa mual / eneg saat menggunakan pasta gigi/ odol.
  • Sodium Benzoat 0,1%, Bahan yang satu ini berfungsi / berguna untuk menjaga struktur kimiawi, biologi, dan fisik odol/ pasta gigi. Sodium Benzoat ini tidak bersifat racun.
  • Polishing (Aluminium Phosphat) 100%, berfungsi untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel di gigi.
  • Sodium Alginat 25%, Bahan ini berfungsi sebagai pencampur agar bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat pasta gigi mau menyatu saat pengadukan/ di-mixing atau juga bisa di sebut sebagai pengikat untuk seluruh bahan-bahan yang digunakan.

Proses Pembuatan :
  1. Campurkan bahan Sodium Alginat dan Gliserin lalu aduk hingga rata.
  2. Campurkan Air dengan Sodium Benzoat kemudian aduk hingga rata.
  3. Satukan campuran (Sodium Alginat & Gliserin) + (Air & Sodium Benzoat), tambahkan Sodium Flouride (NaF)lalu aduk lagi hingga semua merata
  4. masukkan Sakarin dan aduk kembali hingga rata.
  5. Tambahkan Aluminium Fosfat, sambil diaduk agar rata
  6. Terakhir adalah menambahkan Minyak Peppermint, aduk kembali hingga rata.
  7. Ini adalah proses terakhir yakni mengemas pasta gigi, gunakanlah kemasan yang pantas dan higienis, anda dapat menggunakan kemasan yang tertutup rapat.
(Sumber: duljepret.com/cara-resep-membuat-odol-sendiri/‎)