Cara Membuat Semir Sepatu Warna Hitam

Semir sepatu yang dibahas kali ini adalah sejenis semir yang berupa padatan, cara penggunaannya adalah dengan menggunakan sikat khusus untuk semir sepatu,  sepatu yang akan disemir sebaiknya yang terbuat dari bahan kulit, bersihkanlah permukaan sepatu dari debu dan kotoran lalu berikan semir dengan memakai sikat dan diamkan sebentar, setelah itu disikat lagi sampai sepatu menjadi mengkilat.. untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini,

Bahan baku:

1. Malam Kuning (Cera Flava)
2. Kristal luglandis (Pigmen hitam)
3. Linceed (minyak penghancur kristal)
4. Minyak Terpentin

Alat yang digunakan:

1. Ketel rebus yang memiliki tutup rapat
2. Baskom atau panci untuk mencampur bahan-bahan
3. Sendok penyu atau sendok kaca untuk mengambil bahan-bahan yang anti logam.
4. Gelas ukur 250cc
5. Timbangan dengan berat maksimal 1.000gr/ 1kg
6. Kompor
7. Kaleng atau toples untuk penyimpanan bahan-bahan yang berbentuk tepung atau kristal
8. Kaleng-kaleng kemasan yang berbentuk pipih.

Resep/formula

1. Malam Kuning (Cera Flava) sebanyak 1.000gr
2. Kristal luglandis (Pigmen hitam) sebanyak 50gr
3. Linceed (minyak penghancur kristal) sebanyak 50gr
4. Minyak Terpentin sebanyak 1.000cc

Proses pembuatan:

  1. Masukkanlah Malam Kuning (Cera Flava) sebanyak 1.000gr ke dalam ketel rebus kemudian letakkanlah ketel di atas kompor yang menyala dan diamkan sampai malam kuning meleleh/mencair. setelah malam mencair kecilkanlah api kompor.
  2. Siapkan sebuah baskom lalu masukkan ke dalamnya Kristal luglandis (Pigmen hitam) sebanyak 50gr dan Linceed (minyak penghancur kristal) sebanyak 50gr, aduklah kedua bahan tersebut sehingga mennyatu dan tampak seperti lumpur hitam.
  3. Setelah kedua bahan bercampur masukkanlah Minyak Terpentin sebanyak 1.000cc lalu diaduk sampai menyatu dengan campuran sebelumnya sehingga campuran menjadi benar-benar hitam.
  4. Setelah ketiga bahan tersebut bercampur dengan rata tuanglah ke dalam ketel rebus yang berisi malam kuning yang cair, aduklah campuran sampai seluruh bahan yang ada di dalam ketel berwarna hitam, apabila campuran sudah berwarna hitam matikan kompornya.
  5. Siapkanlah kaleng-kaleng kemasan, lalu tuangkah cairan yang masih dalam keadaan panas dari dalam ketel ke dalam kemasan tersebut, lalu diamkan sampai cairan tersebut membeku dan mengeras dengan sendirinya.