Cara Membuat Tinta Stempel Ungu (Viollette)

Tinta jenis ini banyak digunakan untuk keperluan urusan administrasi, misalnya saja untuk membubuhkan stempel pada sebuah ijazah maka diperlukan tinta sebagai medianya, Tinta stempel biasanya terdapat pada sebuah tempat/bantalan yang dapat menyerap tinta tanpa menumpahkannya, jadi sebuah stempel hanya perlu ditekan atau ditempelkan saja pada permukaan tersebut dan langsung dapat digunakan. Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat tinta untuk stempel ini mari kita ikuti tahapan-tahapannya di bawah ini:

Bahan baku:

  • Methyll Viollette
  • Glycerine
  • 4lk0h0l kadar 96%
  • Air (aqua, aquades)


Peralatan:

  • Resep/formula:
  • Methyll Viollette sebanyak 210cc
  • Glycerine sebanyak 6.500cc
  • 4lk0h0l kadar 96% 1.000cc
  • Air (aqua, aquades) 1.000cc


Tahapan pembuatan:

  1. Siapkan sebuah panci  kemudian masukkan Air (aqua, aquades) 1.000cc dan Methyll Viollette sebanyak 210cc, kemudian lakukanlah pengadukan selama 15-20 menit sampai keduan bahan tersebut tercampur dengan rata. Setelah kedua bahan tercampur, masukkanlah campuran tersebut ke dalam sebuah botol(botol 1) lalu ditutup dengan rapat, lalu diamkan selama 3 jam.
  2. Siapkan sebuh panci yang masih bersih kemudian masukkan bahan-nahan: Glycerine sebanyak 6.500cc dan 4lk0h0l kadar 96% 1.000cc. aduklah kedua bahan yang ada di dalam panci sampai reta betul, setelah kedua bahan tercampur masukkanlah campuran tersebut ke dalam botol(botol 2) dan jangan lupa untuk menutupnya dengan rapat, lalu diamkan selama 3 jam.
  3. Setelah kedua botol didiamkan selama 3 jam maka saatnya isi dari kedua botol tersebut dicampur menjadi satu dengan cara: Siapkan sebuah panci yang masih bersih kemudian buka tutup dari masing-masing botol dan masukkan isinya ke dalam panci tersebut. laukanlah pengadukan selama 15-20 menit agar kedua campuran tersebut menyatu. Pada proses ini akan terlihat tinta stempel sudah jadi tapi masih dalam keadaan kotor sehingga diperlukan penyaringan.
  4. Siapkan sebuah ember atau wadah palstik kemudian taruh diatasnya sehelai kain yang rapat anyaman/seratnya, masukkan tinta yang masih kotor ke dalam ember yang telah dipasang saringan, tinta yang sudah disaring sudah dapat dimasukkan ke dalam botol kemasan, anda dapat menggunakan botol berukuran 60cc atau 100cc sebagai kemasannya.