Cara Membuat Tinta Merah

Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. yellowish eosine
  2. Phenol cair (Phenol liquid)
  3. Gummi Arabicum
  4. Air (Aqua/Aquades)

Peralatan yang digunakan:
  • Jeriken atau botol plastik untuk menyimpan air/aquades
  • Stoples/keler untuk menyimpan bahan-bahan yang berbentuk kristal
  • Sendok besar
  • Gayung /ciduk 
  • Botol ukuran sedang .
  • Gelas ukur (maatglas), ukuran 100cc, 250cc, dan 500cc
  • Timbangan dengan beban maksimal 1.000gr
  • Panci/baskom untuk mencampur
  • Saringan yang terbuat dari kain halus

Resep/Formula:
  1. Yellowish eosine sebanyak 35gr
  2. Phenol cair (Phenol liquid) sebanyak 7gr
  3. Gummi Arabicum sebanyak 65gr
  4. Air (Aqua/Aquades) sebanyak 1.000cc

Cara mengerjakan:
  1. Siapkanlah Gummi Arabicum sebanyak 65gr dan Air (Aqua/Aquades) sebanyak 500cc, kemudian masukkanlah ke dalam panci/baskom lalu diaduk secara terus menerus sampai kedua bahan tersebut menyatu, setelah kedua bahan tersebut menyatu pindahkanlah campuran tersebut ke dalam botol(botol 1) dan ditutup rapat.
  2. Ambillah baskom atau panci yang bersih lalu masukkanlah Yellowish eosine sebanyak 35gr, Phenol cair (Phenol liquid) sebanyak 35gr, dan Air (Aqua/Aquades) sebanyak 500cc. Aduklah ketiga bahan tersebut sampai menyatu dengan rata selama 15-20 menit, setelah ketiga bahan tersebut bercampur dengan rata siapkanlah botol(botol 2) lalu pindahkan campuran tersebut ke dalam botol dan ditutup dengan rapat.
  3. bukalah tutup kedua botol yaitu botol 1 dan botol 2 kemudian masukkan isinya ke dalam panci/baskom yang bersih, aduklah kedua campuran tersebut secara terus menerus sampai rata betul selama 15-20 menit, pada proses ini tinta merah sudah jadi tetapi masih dalam keadaan kotor dan perlu dibersihkan, cara membersihkannya adalah dengan cara menyaringnya.
  4. Untuk menyaring tinta caranya adalah dengan menmpatkan kain di atas ember atau wadah tertentu, kemudian pindahkan tinta yang ada di dalam panci/baskom ke dalam ember yang telah diberi saringan, kotoran akan menempel pada kain/saringan bagian atas. tinta yan ada di dalam ember telah jadi maka sudah siap un tuk dimasukkan ke dalam kemasan.
  5. Kemasann untuk tinta umumnya menggunakan botol yang berukuran 100-200cc, gunakanlah tutup yang rapat agar cairan tinta tidak keluar dari botol.